Pages

Hexanick

Sabtu, 24 Juli 2010

teknik bernafas yang baik bagi penyanyi


Ada beberapa aspek yang membentuk suara kita. Salah satu aspek terpenting dan menjadi kuda-kuda dalam menyanyi adalah pernafasan. Menyanyi yang baik memerlukan pernafasan yang kuat dan terkontrol.
Bukankah tubuh kita bernafas secara otomatis dan kita tidak perlu lagi melatihnya? Untuk menjawab pertanyaan ini, perhatikan perbedaan pernafasan sehari-hari untuk berbicara dengan pernafasan untuk menyanyi. Untuk berbicara, jika nafas kita habis, ya hirup saja nafas lagi dan masalah pun selesai, tapi dalam bernyanyi kita dituntut untuk menggunakan strategi dalam bernafas, menyesuaikan kapan menghirup, menghembus dan mempertahankan nafas sesuai dengan kebutuhan lagu dan lirik.
Seseorang yang bukan vokalis tidak memiliki kebutuhan untuk dapat bernafas panjang.
Bagaimana pernafasan yang baik untuk menyanyi? Pada dasarnya pernafasan yang baik adalah menghirup udara yang banyak dalam waktu yang singkat, dan tidak berbunyi keras. Selain itu, pernafasan sebaiknya didukung oleh postur tubuh yang baik sehingga tidak mengganggu lajunya udara yang keluar masuk. Mari kita melihat lebih lanjut bagaimana melatih pernafasan kita.

0 komentar:

Posting Komentar